Makanan Yang Sehat Untuk Penderita Penyakit Stroke

Makanan sehat untuk penderita penyakit stroke biasanya merupakan jenis makanan yang mengandung serat dan dapat menyerap kolesterol jahat dalam darah. Stroke adalah salah satu penyebab angka kematian tertinggi di dunia. Stroke banyak diderita oleh kaum lanjut usia.

Awal terjadinya penyakit stroke ditandai dengan terputusnya aliran darah dari jantung ke otak. Akibatnya maka otak akan mengalami kematian sesaat karena semua sel-sel dalam otak berhenti berfungsi. Selain itu otak juga akan mengalami kekurangan oksigen dan kadar gula sehingga bisa menyebabkan kematian. Karena hal inilah maka banyak orang yang terkena serangan stroke bisa kehilangan daya ingat dan berbagai kemampuan fisik lain.

Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Stroke




Penanganan untuk penderita stroke biasanya dilakukan dengan berbagai cara. Terapi fisik biasanya dilakukan untuk memancing sistem kerja otot agar pulih kembali. Selain itu bagi penderita stroke juga penting untuk mempertimbangkan asupan makanan yang sehat. Berikut ini beberapa macam makanan yang sehat untuk penderita stroke.

1. Oatmeal
Oatmeal adalah makanan olahan yang berasal dari biji gandum. Kandungan nutrisi dari oatmeal terdiri dari kalori, protein dan lemak. Dalam satu cangkir oatmeal bisa menyediakan hingga 6 gram protein. Nutrisi dari oatmeal berfungsi untuk memasok energi bagi tubuh, menjadi persediaan cairan tubuh, membantu penyerapan vitamin dan memperbaiki jaringan sel dan struktur tubuh.

2. Beras Merah
Beras merah menjadi sumber karbohidrat yang sangat baik untuk penderita stroke. Kandungan selenium yang sangat tinggi pada beras merah bisa mencegah serangan stroke ulang. Selain itu beras merah juga mengandung mangan, serat, dan anti oksidan. Mangan berfungsi untuk membantu proses sintesis lemak dalam tubuh dan mengaktifkan sistem syaraf. Beras merah adalah makanan kaya serat, serat dalam beras merah juga terbukti meringankan saluran pencernaan.

3. Roti Gandum
Roti gandum mungkin menjadi makanan yang tidak terkenal. Namun pada dasarnya roti gandum memiliki rasa yang lezat seperti jenis roti dari bahan tepung. Roti gandum juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang sangat penting bagi penderita stroke.

4. Ikan Salmon
Ikan salmon untuk penderita stroke dibutuhkan untuk mengendalikan kolesterol buruk dalam darah. Ikan salmon memiliki kandungan omega 3, DHA dan EPA . tiga zat ini sangat penting untuk melindungi sistem pembuluh darah, proses sintesis lemak menjadi kolesterol dan mencegah pembekuan darah pada jantung. Konsumsi salmon untuk penderita jantung sebaiknya tidak lebih dari 3 kali seminggu dengan total penyajian 3 ons per sajian.

5. Susu Rendah Lemak
Bagi penderita stroke sebaiknya tidak berhenti untuk minum susu. Namun menggandi jenis susu menjadi susu rendah lemak. Susu rendah lemak memiliki kandungan lemak yang kecil dan bahkan sama sekali tidak mengandung lemak. Susu bisa menjadi sumber nutrisi yang sangat penting seperti magnesium, kalsium, dan potasium. Jenis kandungan nutrisi ini sangat penting untuk mengendalikan tekanan darah sehingga bisa dikonsumsi bagi penderita stroke yang bermasalah dengan tekanan darah tinggi.

Berbagai jenis makanan yang sehat diatas merupakan sebagian dari banyak makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh penderita stroke. Hindari makanan yang tidak sehat yang justru akan membuat penyakit stroke Anda semakin parah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :
Makanan Yang Harus Dihindari Oleh penderita Penyakit Stroke
Buah-buahan Yang Cocok Untuk Mencegah Penyakit Stroke

0 Response to "Makanan Yang Sehat Untuk Penderita Penyakit Stroke "

Posting Komentar