Buah-buahan Yang Cocok Untuk Mencegah Penyakit Stroke

Penyakit stroke adalah Penyakit yang menyerang pembuluh darah ini disebabkan oleh penyumbatan aliran darah yang biasa disebut stroke iskemik atau pecahnya pembuluh darah sehingga aliran darah tidak sampai ke otak atau stroke hemorrhagik.

Penyakit stroke saat ini semakin meningkat baik itu di dunia ataupun Indonesia. Agar kita terhindar dari penyakit stroke ada beberapa makanan yang bisa menurunkan resiko stroke. Berikut buah-bauahan pencegah stroke:



1. Kacang-Kacangan
Jenis kacang-kacangan juga terbukti baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah sebab banyak mengandung asam folat. Menurut sebuah penelitian yang membutuhkan waktu 20 tahun dengan subyek 1000 orang dewasa, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat dapat mengurangi resiko penyakit stroke hingga 20%.

2. Buah Pisang
Inilah salah satu alasan pentingnya memasukan pisang dalam menu makan siang anda. Pisang kaya akan kandungan kalium. Hasil penelitian mendapatkan bahwa diet rendah kalium (kurang dari 1,5 gram per hari) dapat meningkatkan resiko penyakit stroke sampai 28%.

3. Buah Tomat
Banyak orang mengkonsumsi tomat hanya sebagai bahan makanan atau minuman yang nikmat. Tidak banyak orang mengetahui bahwa tomat memiliki kandungan khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan lycopene dan zat warna merah yang terkandung pada tomat ini dapat menurunkan resiko stroke pada pria dewasa. Penelitian yang dimuat dalm jurnal Neurology tersebut melibatkan subyek 1.031 pria dewasa yang terbagi dalam empat kelompok.

4. Buah Jeruk (Citrus)
Memakan buah jeruk atau sejenisnya akan membuat tubuh kita sehat, namun manfaat kesehatan yang tidak banyak orang ketahui dapat berupa menurunkan resiko stroke iskemik. Hal ini sesuai penelitian yang dilansir oleh jurnal stroke bahwa buah citrus dan sejenisnya akan menurunkan hingga 19% penyakit stroke iskemik yang diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah ke otak.

5. Kedelai
Kedelai dalam bentuk susu ataupun di olah menjadi makanan lain dapat menghasilkan makanan yang sangat enak, namun di luar hal itu kedelai juga dapat bermanfaat menurunkan resiko penyakit stroke, kedelai dapat menurnkan kolesterol, khususnya kolesterol jahat (LDL) hingga 28%. Angka ini hampir menyamai angka yang dicapai obat-obatan statin.

Itulah bebera buah-buahan yang mampu mencegah penyakit stroke yang sering kita jumapai dalam kehidupan sehari-hari. Cegahlah penyakit stroke dengan mengkonsumsi buah-buahan sehat tersebut secara rutin. dan jangan lupa olahraga secara rutin. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Buah-buahan Yang Cocok Untuk Mencegah Penyakit Stroke "

Posting Komentar